5 Jenis Tanaman untuk Aquaponik yang Mudah Perawatannya

Budidaya aquaponik saat ini memang mulai banyak digemari oleh banyak orang. Pasalnya keuntungan yang akan didapatkan pun bisa lebih banyak, karena memperoleh dari ikan serta tanaman di atasnya. Lalu tanaman untuk aquaponik seperti apa yang cocok untuk budi daya?

5 Jenis Tanaman untuk Aquaponik yang Mudah Perawatannya

Berikut beberapa jenis yang bisa Anda jadikan opsi pilihan.

1. Selada

Selada menjadi salah satu tanaman yang mana banyak dipilih para pemula budidaya aquaponik. Mengapa? Sebab selada termasuk pada tanaman yang mudah untuk tumbuh dan cukup subur menggunakan metode ini,
Bukan hanya itu saja selada bahkan akan memudahkan Anda dalam hal perawatan karena tidak memerlukan pemeliharaan yang ekstra. Bahkan pertumbuhannya tidak memerlukan waktu lama, sehingga Anda akan lebih cepat memanennya. Pada saat bibit dari tanaman selada disemai, maka hanya dalam waktu satu minggu berikutnya maka akan mulai tumbuh dua lembar daun.

Bagaimana sudah tidak heran lagi bukan mengapa banyak yang memilih selada sebagai tanaman untuk aquaponik? Pertumbuhan selada biasanya semakin cepat pada saat dipindahkan ke media utama yang mana diberi air nutrisi. Sangat cocok untuk budidaya ikan aquaponik bukan? Karena pertumbuhannya akan mendapatkan nutrisi cukup dari air kolam.

2. Kangkung

Anda sudah tidak asing lagi jika tanaman sayur kangkung menjadi salah satu tanaman yang bisa hidup di air. Nah, Anda pun bisa memilihnya sebagai tanaman untuk metode aquaponik di rumah. Siapkan saja wadah atau lubang untuk menanam kangkung sesuai dengan jumlah ikan di dalam kolam.

Jika sudah tanam biji dari kangkung kemudian langsung Anda semai di dalam netpot atau lubang. Tanaman kangkung akan menguntungkan Anda karena meskipun sudah dipetik beberapa kali daun yang ada masih tergolong sangat rimbun.

3. Seledri

Jika Anda sudah memiliki tanaman seledri yang sebelumnya sudah ada di tanah maka tidak ada salahnya untuk memindahkannya ke media lain seperti aquaponik. Seledri jadi salah satu tanaman yang paling dibutuhkan dalam beberapa jenis masakan. Dengan begitu maka Anda akan cukup diuntungkan.

Bukan hanya bisa menjual ikan, namun juga menjual tanaman untuk aquaponik yakni seledri. Anda bisa memindahkan tanaman seledri pada media arang dari sekam aquaponik. Dalam media tersebut seledri bisa tumbuh cukup subur.
4. Tomat
Selain sayur dalam bentuk daun Anda juga bisa menanam tomat sebagai tanaman untuk aquaponik. Anda bisa memanfaatkan buahnya untuk dijual lagi. Sedikit berbeda dengan cara sebelumnya maka Anda dapat memindahkan media sebelumnya ke aquaponik dengan pecahan genting.

Pindah tanam yang tadi dari tanah ke media bekas pecahan genting ke netpot. Mungkin buah yang akan dihasilkan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan hasil dari polybag. Namun tidak ada salahnya juga Anda mencobanya dalam skala kecil dahulu.

5. Bayam Merah

Selain bayam biasa Anda juga bisa memilih bayam sebagai tanaman untuk aquaponik. Anda juga bisa melakukan pindah tanaman pada media yang berasal dari beberapa media yakni pecahan genting dan arang sekam. Hasil dari bayam merah tentunya juga bisa Anda jual lagi untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Di atas adalah beberapa jenis tanaman untuk aquaponik yang bisa Anda coba. Dengan budidaya metode seperti ini maka Anda akan memperoleh penghasilan lebih besar dari penjualan ikan dan penjualan sayur. Hanya satu kali dayung saja dua pulau akan terjangkau. Selain itu kegiatan ini bisa dilakukan di rumah.