8 Cara Mengobati Kucing yang Sakit Tanpa Ke Dokter

Cara mengobati kucing sakit – Bagi pecinta kucing, kesehatan kucing ini sangat diperhatikan. Kucing yang sakit ini mengkhawatirkan karena jika tidak diatasi dengan baik bisa menyebabkan dampak atau efek yang lebih serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit kucing ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti virus, bakteri, cacingan, jamur dan juga luka luar.

Meski sudah selalu berusaha untuk menjaga kebersihan dan juga merawat kucing dengan baik tetap saja kucing ini memiliki risiko untuk terkena penyakit. Cuaca yang tidak menentu, berkumpul dan bermain dengan kucing yang sudah terinfeksi virus bisa menyebabkan penularan penyakit sangat mudah terjadi.

cara mengobati kucing sakit
cara mengobati kucing sakit (sumber gambar : www.pexels.com)

Cara Mengobati Kucing

Jika kucing sakit, hal pertama yang Anda lakukan adalah tidak boleh panik. Panik ini hanya akan membuat masalah menjadi semakin rumit. Setelah itu Anda bisa melakukan beberapa cara mengobati kucing sakit yang bisa dilakukan berikut ini:

1. Cek Suhu Tubuh

Anda bisa mengecek suhu tubuh kucing terlebih dahulu. Apakah kucing Anda sakit disertai dengan gejala demam atau tidak. Kucing dikatakan demam jika suhunya lebih dari 39,4 derajat celcius. Beberapa gejala demam ini juga akan ditunjukkan oleh kucing seperti nafsu makan yang buruk, lesu, malas beraktivitas, bulu mengalami kerontokan, pernapasan pendek, tubuh kucing gemetar dan lain sebagainya. Jika kucing baru saja demam maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih memiliki waktu 3 hari ke depan untuk melihat perkembangan demam kucing tersebut.

2. Berikan Air Cukup

Cara mengobati kucing sakit tanpa perawatan dokter yang bisa Anda lakukan memberikan air yang cukup. Saat demam kucing akan menjadi mudah dehidrasi sehingga menjaga cairan tubuh kucing ini sangat diperlukan sekali. Terlebih lagi bagi kucing yang mengalami muntah dimana hal ini akan menyebabkan kucing kehilangan cairan secara drastis.

3. Air Kelapa Segar

Selain menyegarkan dan berkhasiat untuk kesehatan, air kelapa segar ini juga bagus untuk menjaga kesehatan dan juga mengobati kucing yang sakit. Air kelapa ini mengandung ion yang mana bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh si kucing. Selain itu air kelapa segar ini juga bisa menjadi penawar racun yang sangat bagus. Anda bisa mengatasi keracunan kucing dengan menggunakan air kelapa ini.

Air kelapa ini bisa Anda berikan ke kucing yang mengalami gejala muntah-muntah, badan panas atau demam, atau kucing sering menjulurkan lidah secara tiba-tiba, memiliki air liur yang terlalu banyak, mengalami bau mulut dan lain sebagainya. Jika Anda tidak memiliki cukup dana untuk melakukan vaksin maka Anda bisa memberikan air kelapa ini sebagai gantinya.

4. Obat Luka Luar

Cara mengobati kucing sakit yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memberikan obat luka luar. Kucing ini menjadi hewan yang mana sering melakukan interaksi dengan dunia luar bahkan tidak jarang mendapatkan luka karena perilaku maupun perbuatannya. Untuk membantu kucing mengatasi infeksi pada luka luar tubuh terbuka sangat diperlukan.
Sediakan di rumah obat-obatan untuk mengatasi infeksi luar yang bisa terjadi pada kucing tersebut. Ketika infeksi luar tersebut dibiarkan saja akan membuat infeksi tersebut menjadi meluas dan membuat penyembuhannya lebih lama. Anda bisa memberikan obat luar seperti betadine, rivanol, NaCl dan juga gentamicin.

Supaya kinerja dari obat luar tersebut semakin sempurna Anda bisa menambahkan natrium klorida atau air infus untuk mencuci luka sebelum diberi obat luar. Tujuannya supaya tidak mengalami infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan luka tersebut. Jika luka kucing menganga atau terbuka lebar Anda bisa memberikan salep gentamicin yang mana berperan sebagai anti bakteri untuk bisa mencegah terjadinya infeksi.

Mengobati Kucing yang Sakit Tanpa Ke Dokter
Mengobati Kucing yang Sakit Tanpa Ke Dokter (sumber gambar : www.pexels.com)

5. Multivitamin

Cara mengobati kucing sakit adalah menjaga asupan nutrisinya. asupan nutrisi yang baik untuk tubuh ini sangat diperlukan. Beberapa hal yang perlu Anda perlukan adalah multivitamin untuk bisa membantu sistem imun kucing untuk bisa melawan virus dan juga bakteri. Pastikan jika jenis yang Anda berikan ini tepat agar sistem imun tubuh kucing menjadi sehat dan fit seperti sedia kala. Jangan menggunakan multivitamin yang abal-abal, jangan tergiur dengan harga yang murah karena memiliki dampak yang kurang bagus untuk kucing yang Anda pelihara.

6. Memberikan Susu Khusus Kucing

Jika kucing Anda mengalami sakit sebelum dibawa ke dokter hewan ada baiknya jika Anda memberikannya susu khusus kucing. Susu ini dipercaya bisa membuat kondisi kucing Anda lebih baik. Susu khusus kucing ini mengandung taurine yang mana didalamnya terkandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi kucing.
Anda bisa memberikan susu khusus kucing ini jika kucing Anda merasa lemas dan juga mengalami berbagai macam masalah kesehatan yang lainnya. Agar maksimal Anda bisa menyuapinya dengan menggunakan sendok kecil, memberinya sedotan dan lain sebagainya. Jika kucing Anda menyukai susu maka dia akan menghabiskan susunya lebih cepat sehingga kucing Anda akan bisa sembuh lebih cepat karena nutrisi tubuhnya terjaga.

7. Bubur Beras Merah

Jika kondisi kucing sangat lemah Anda bisa memberikannya bubur beras merah. Bubur beras merah ini bisa Anda dapatkan di warung atau di supermarket terdekat. Bubur ini sangat bergizi dan bisa membantu sistem imun kucing Anda yang sedang sakit ini berfungsi secara maksimal. Kucing Anda juga bisa sembuh lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

8. Tempat Tidur yang Hangat dan Nyaman

Sebaiknya Anda jangan terpaku dengan makan dan minuman yang diberikan ke kucing saja, namun aspek lainnya seperti tempat tidur juga penting untuk Anda perhatikan. Buat tempat tidur kucing Anda hangat dan nyaman. Jika tempat tidur kucing tersebut kurang nyaman maka kucing akan menjadi lama sembuhnya.
Kucing juga bisa terhindar dari hipotermia yang mana bisa menyebabkan kucing menjadi sulit sembuh. Anda bisa menambahkan beberapa handuk kering di tempat tidurnya yang mana suhunya bisa disesuaikan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Demikianlah beberapa cara mengobati kucing sakit tanpa harus membawanya ke dokter yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.