Mudah! Cara Membuat Pupuk Organik Cair POC Sendiri

Mudah! Cara Membuat Pupuk Organik Cair POC Sendiri – Pupuk organik cair (POC) adalah pupuk yang terbuat dari bahan organik yang mengalami proses fermentasi dalam keadaan anaerob (kedap udara) dibantu oleh organisme hidup atau bakteri pembusukan. Bahan utama dari pupuk organik cair / POC tentu saja berasal dari bahan organik yang belum mengalami proses pengkomposkan. Adanya unsur hara yang terkandung di POC atau pupuk organik cair menang betul-betul dalam keadaan cair sehingga mempunyai sifat yang lebih stabil dalam penggunaanya.

Pupuk organik cair / poc akan memperoleh hasil yang maksimal jika diberikan langsung pada batang, daun dan bunga daripada digunakan di tanah ataupun media tanam. POC mempunyai manfaat pada tanaman sebagai  pemancing agar tanaman cepat tumbuh, utamanya pada tanaman yang sedang bertunas sehingga akan cepat tumbuh, dan untuk memancing pertumbuhan bunga, buah ataupun biji.

Pemakaian pupuk organik cair / POC jika diberkan langsung pada daun, haruslah dalam takaran yang pas jika terlalu banyak pemberian poc dikawatikan tanaman akan mengalami overdosis yang bisa menyebabkan tanaman menjadi layu kemudian mati. Selain itu pemberian pupuk organik cair secara berlebihan akan mengundang hama ataupun penyakit pada tanaman. Biasanya penggunaan POC dicampur dengan air bersih dengan perbandingan 1:10, misalnya 1 liter poc dicampur 10 liter air bersih.

cara membuat pupuk organik cair
cara membuat pupuk organik cair

CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR

Pupuk organik cair mudah didapatkan di toko tanaman ataupun online shop, harganya pun lebih murah daripada pupuk lainnya. Membuat pupuk organik cair juga tidaklah susah, berikut cara mudah membuat pupuk organik cair sendiri:

Bahan Membuat Pupuk Organik Cair / POC

  • 30 KG buah-buahan /sayur mayur / hijauan
  • 300 gram gula merah atau bisa diganti dengan molase
  • 300 ml bioaktivator (EM4), belilah EM4 untuk pertanian yang berwarna kuning
  • air cucian beras
  • air kelapa atau air bersih secukupnya
  • Tong plastik kedap udara untuk tempat pembuatan pupuk organik cair

Langkah – Langkah membuat Pupuk Organik Cair / POC

  1. Potong buah-buahan /sayur mayur / hijauan menjadi kecil – kecil ukurannya +- 3 cm.
  2. Kemudian masukkan bahan organik (potongan buah-buahan /sayur mayur / hijauan yang sudah di potong kecil – kecil) tadi kedalam tong.
  3. Next, tambahkan air, dengan komposisi potongan bahan organik : air = 2:1, misalnya potonganbahan organik 2/3 tong maka airnya sebanyak 1/3 tong.
  4. Larutkan EM4 pertanian dengan gula merah/molase dalam 5 liter air, perbandingan campuran bisa dilihat dalam petunjuk penggunaan di botol kemasan EM4.
  5. Selanjutnya campurkan larutan tadi kedalam tong yang sudah berisi bahan organik dan air, aduk rata.
  6. Tutup tong dengan rapat, pastikan tong dalam keadaan kedap udara, tong diberi lubang sedikit untuk tempat selang kecil yang dihubungkan dengan aqua yang berisi air, tujuannya adalah agar udara didalamnya tidak meledak.
  7. Proses fermentasi lamanya 7-21 hari, untuk mengecek apakah sudah siap atau belum bisa di cek melalui aromanya, pupuk organik cair sudah jadi jika aromanya seperti aroma tape.
  8. Jika sudah jadi, pupuk organik cair bisa disaring kemudian dimasukan dalam botol, tutup rapat. Pupuk organik cair ini bisa bertahan hingga 6 bulan.

Video Pembuatan Pupuk Organik Cair / POC

Untuk lebih mudahnya bisa dilihat dalam video dibawah ini:

Membuat pupuk organik cair / POC sendiri tentunya akan lebih hemat daripada membeli pupuk jadi, bisa juga untuk dijual kembali. POC banyak dicari oleh penghobi tanaman hias karena POC ini merangsang pertumbuhan dan mempercepat tanaman untuk berbunga.