Panduan Cara Ternak Entok Dari Anakan Sampai Panen

Cara Ternak Entok – Seperti yang kita ketahui jika banyak sekali jenis unggas yang saat ini sudah banyak yang ternak. Salah satunya entok yang memang sangat laris di pasaran. Hal ini dikarenakan entok memiliki banyak manfaat yang bisa Anda gunakan untuk meraih keuntungan tentunya. Dari mulai daging, telur, hingga kotorannya pun dapat Anda manfaatkan sepenuhnya. Karena banyak yang dapat di ambil dari entok ini, sehingga para pengusaha pun lebih memilih untuk menternak unggas yang satu ini.

Banyak keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan jika beternak entok ini. Bagaimana, apakah Anda berminat untuk menternaknya dan bagaimana sih cara ternak entok sukses yang satu ini? Jika Anda penasaran akan cara ternak entok agar cepat besar ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut!

Cara Ternak Entok Yang Benar

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara ternak entok cepat bertelur yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa tips dan trik cara ternak entok pedaging sebagai berikut :

Menyiapkan Kandang Yang Tepat

Cara ternak entok berkualitas

Salah satu cara ternak entok yang bagus yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah menyiapkan kandang. Dalam melakukan ternak entok pastinya Anda akan membutuhkan kandang untuk menampung entok yang akan diternak. Untuk pemilihan kandang untuk entok sebenarnya sangatlah bebas. Anda tinggal memilih kandang yang sekiranya cocok digunakan di lahan maupun pekarang.

Nah, dalam menyiapkan kandang untuk ternak entok ini perlu memperhatikan beberapa hal. Adapun beberapa hal tersebut sebagai  berikut ini :

  • Bagian kandang. Untuk dinding dari pembuatan kandang entok Anda perlu memerlukan bambu. Pastikan ketika Anda membuat dinding kandang jangan sampai terlalu terbuka. Hal ini dilakukan agar entok tidak gampang masuk angin. Bahkan tak hanya itu, Anda juga harus menambahkan plastik agar entok tetap hangat dalam kandang.
  • Bagian lantai. Kandang entok ini dapat menggunakan lantai semen maupun tanah kayak biasanya. Namun, akan lebih baiknya bila Anda menggunakan lantai semen saja. Karena mengingat jika lantai semen akan lebih mudah bersihkan jika di bandingkan dengan lantai biasanya.
  • Tempat pakan dan minum. Setiap kandang ada baiknya untuk di berikan tempat pakan dan minum sendiri. Untuk posisinya yang paling tepat, Anda bisa menaruh tempat pakan dan minum tersebut di luar akan kandang terlihat lebih luas dan entok bisa bergerak dengan leluasa.
  • Letakkan kadang di posisi yang tepat. Cara ternak entok bagi pemula dalam hal kandang yang satu ini memang harus di perhatikan. Hal yang satu ini agar, bau dari kotoran entok tidak mencemari bau udara lingkungan rumah Anda. Pastikan Anda dapat meletakkannya agak jauh dengan rumah.

Mencari Bibit Maupun Indukan Entok Yang Unggul

Cara ternak entok yang tepat

Salah satu cara ternak entok yang baik yang bisa Anda ketahui selanjutnya adalah menyiapkan bibit yang unggul. Dengan menggunakan cara ternak entok agar sukses yang satu ini dapat dipastikan Anda bisa memiliki usaha ternak entok dengan kualitas yang baik serta unggul. Ini akan membuat Anda memperoleh keuntungan yang sangat banyak. Bagaimana sangat menggiurkan bukan?

Untuk mencari bibit maupun indukan dari entok yang satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mempunyai indukan ayang berkualitas tentunya. Dengan begitu anakan  itik yang dihasilkan akan sama dengan indukan yaitu sama-sama berkualitas. Tentunya untuk mendapatkan indukan yang berkualitas terdapat kriteria tersendiri, adapun beberapa kriterianya  sebagai berikut :

  • Pastikan jika entok memiliki bulu yang bersih. Selain itu bulu juga harus kering dan memiliki bulu yang bagus.
  • Pilih entok betina maupun jantan yang sangatlah lincah. Karena biasanya unggas yang memiliki kelincahan yang baik dapat membuktikan jika ayam yang satu ini memiliki kesehatan yang sangat baik.
  • Keadaan entok betina maupun jantan sangat baik. Yang di maksudkan di sini fisik dari entok benar-benar baik, sempurna tidak ada kecacatan .
  • Pastikan kaki entok jantan maupun betina tidak memiliki cacat, tegap dan berjalan normal.
  • Terkadang sangat di perlukan melakukan pemeriksaan pada unggas yang akan Anda pilih. Apakah terkena penyakit unggas ataukah dalam keadaan baik.

Dengan memperhatikan tips dan kriteria dari entok yang berkualitas untuk indukan. Anda pun bisa memiliki indukan entok yang unggul tentunya.

Memperhatikan Pakan Yang Baik Dan Berkualitas Untuk Entok

Cara ternak entok daging

Cara ternak entok atau itik yang selanjutnya tentu Anda harus memperhatikan pakan yang akan di berikan untuk entok. Dalam pemberian pakan yang satu ini, memang harus di berikan. Hal ini dikarenakan pakan yang berkualitas juga mempengaruhi kualitas dari kesehatan entok sendiri. Maka sangat wajib hukumnya untuk memperhatikan pakan dari entok sendiri.

Untuk pemberian pakan diharapkan Anda bisa memberikan pakan yang kaya protein, nutrisi dan karbohidrat. Pakan yang satu ini akan membuat tumbuh kembang entok akan baik. Bahkan entok yang Anda  ternak memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik. Sehingga sejenis virus maupun bakteri tak bisa menyerang hewan ternak Anda.

Pakan bagi entok yang memiliki kandungan yang sangat baik seperti halnya, bekatul, ampas tahu, keong, enceng gondok dan sebagainya. Dengan beberapa pakan yang satu ini dapat di pastikan entok yang Anda ternak memiliki kualitas yang sangat baik.

Melakukan Perawatan Terhadap Kandang Dan Entok

Cara ternak entok telur

Cara ternak entok  yang  selanjutnya adalah merawat kandang dan juga entok yang Anda ternak. Dari beberapa cara ternak entok, hal yang satu ini, juga harus di perhatikan. Ini dikarenakan untuk perawatan kandang juga mempengaruhi kualitas dari  entok sendiri. Seperti yang kita ketahui jika kandang yang dalam keadaan kotor pastinya akan menyimpan banyak virus dan bakteri yang tentunya dapat menyerang hewan ternak bukan? maka dari itu, sangat di sarankan bagi Anda untuk selalu memperhatikan kandang dari mulai membersihkan kandang, membuang kotoran bahkan hingga memandikan entok yang di ternak.

Dengan melakukan hal yang satu ini dapat di pastikan virus dan bakteri tidak mendiami kandang ternak entok Anda. Dan perlu Anda ketahui jika cara ternak entok agar bertelur yang satu ini memang harus benar-benar di perhatikan.

Pemberian Vaksinasi Dengan Rutin

Cara ternak entok dari senior

Tahukah Anda jika cara ternak entok pemulayang selanjutnya adalah vaksinasi. Bukan hanya  hewan mamalia saja yang harus diberi vaksinasi, namun unggas pun juga wajib pemberian vaksinasi. Hal yang satu ini dilakukan agar tingkat  kesehatan yang di miliki entok dan juga meri tetap kebal dari semut penyakit yang ada. jadi sangat di sarankan untuk pemberian vaksin secara rutin.

Cara ternak entok yang satu ini, sangatlah mempengaruhi kualitas dari entok tentunya. Dengan pemberian vaksin yang satu ini diharapkan ketahanan tubuh dari penyakit yang ada akan semakin baik. Bahkan meskipun yang lainnya terkena penyakit musiman seperti halnya flu dan pilek. Unggas yang terkena vaksinasi akan mampu bertahan dengan baik.

Memisahkan Entok Yang Bermasalah

Cara ternak entok bagi pemula

Salah satu cara dari cara ternak entok benar yang dapat dilakukan selanjutnya adalah memisahkan unggas yang bermasalah. Untuk menjaga agar entok tidak mudah tertular dengan penyakit yang di derita entok yang lainnya. Sangat disarankan untuk Anda memisahkan entok tersebut di jangkauan yang lebih jauh. Dengan begitu yang lainnya akan aman dari gangguan virus tersebut.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan  seputar cara ternak entok yang baik dan benar bisa Anda ketahui. Dengan adanya beberapa cara ternak entok pemula  di atas, pastinya Anda akan mengerti jika ternak unggas yang satu ini memanglah sangat mudah, sehingga bila Anda benar-benar ingin menternak entok ini. Bisa  menggunakan cara ternak entok tersebut tentunya. semoga artikel yang satu ini dapat bermanfaat. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di infobudidaya.com