Tips Panduan Cara Ternak Lengkap

Info seputar tips Panduan Cara Ternak Lengkap

Menu

Cara Ternak Lovebird Koloni Untuk Pemula

Cara Ternak Lovebird Koloni – Bagi para penggemar burung pastinya sudah kenal dengan jenis burung yang satu ini. Burung lovebird merupakan salah satu burung yang memiliki warna yang sangat cantik. Sehingga tak heran, jika bagi para penggemar burung banyak yang menginginkan untuk menernakkan sebagai usaha sampingan atau pun sekedar hobi. Serta burung lovebird juga bisa diternakkan koloni atau secara massal.

Dengan begitu, tentunya Anda juga ingin menernakkannya bukan? apalagi lovebird termasuk burung yang tidak mudah stress dan bisa menerima lingkungan baru dengan mudah. Sehingga Anda memang bisa menernakkan burung lovebird ini dengan sangat mudah. Namun demikian, meskipun terkesan mudah untuk cara ternak lovebird koloni Anda juga harus mengetahui lebih lanjut mengenai cara ternak lovebird koloni, dengan menyimak ulasan singkat di bawah ini!

Cara Ternak Lovebird Koloni

Cara Ternak Lovebird Koloni bagi pemula yang benar

Di bawah ini ada beberapa cara ternak lovebird koloni yang wajib Anda ketahui. adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Memilih Indukan Lovebird Yang Berkualitas

Cara Ternak Lovebird Koloni

Cara ternak lovebird koloni yang pertama yaitu dengan memilih indukan lovebird yang berkualitas. Indukan lovebird yang berkualitas tentunya menjadi salah satu peranan yang terpenting jika ingin melakukan ternak burung lovebird. Sebab jika memilih indukan yang tidak bagus, tentunya anakan yang akan menetas juga akan berkualitas buruk. Sehingga Anda memang harus bisa memilih dengan teliti dan akurat. Selain itu, Anda juga harus bisa memilih  lovebird yang jantan dan juga betina dengan benar. Sebab burung lovebird rata-rata memiliki kemiripan antara jantan dan betina. Sehingga Anda juga harus mengetahui memilih indukan lovebird yang berkualitas sesuai dengan kriteria berikut ini. Adapun beberapa kriteria memilih indukan untuk cara ternak lovebird koloni tersebut diantaranya:

  • Memilih indukan untuk cara ternak lovebird koloni yang pertama yaitu indukan lovebird jantan dan betina harus berusia minimal 1 tahun
  • Kondisi dari kedua lovebird haruslah sehat dan juga fit.
  • Warna bulu lovebird bagus dan mengkilap.
  • Usahakan untuk memilih indukan yang tidak memiliki cacat fisik dan memiliki tubuh yang bagus.
  • Serta, memilih indukan untuk cara ternak lovebird koloni yang terakhir yaitu usahakan lovebird jantan sudah mulai berkicau sangat merdu.

Mempersiapkan Kandang Penangkaran Dan Sarang

Cara Ternak Lovebird Koloni yang benar

Cara ternak lovebird koloni yang selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan kandang penangkaran dan sarang. Seperti yang telah diketahui, bahwa cara ternak lovebird ini menggunakan cara ternak koloni atau massal. Sehingga kandang yang digunakan juga termasuk kandang koloni. Dimana kandang koloni ini berukuran besar dengan diisi sekitar 5 lovebird. Sehingga dengan menggunakan kandang ini juga bisa membuat Anda menekan biaya yang menggunakan kandang single. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan juga, Anda harus bisa mempersiapkan sarang untuk membuat agar lovebird akan terasa sangat nyaman. Serta usahakan untuk menyiapkan tempat makan, tempat minum, keramba atau tempat mandi, dan juga trangkingan. Jika sudah mempersiapkan kandang seperti itu, sudah dipastikan burung lovebird yang akan Anda ternakkan, akan merasa sangat nyaman dan aman. Serta, yang paling penting yaitu usahakan untuk kandang jauhkan dari sinar matahari langsung dan hujan. Dan mempersiapkan kandang penangkaran dan sarang bisa menjadi cara ternak lovebird koloni yang paling dipentingkan.

Melakukan Perjodohan

Cara Ternak Lovebird Koloni yang tepat

Setelah Anda melakukan penyiapan kandang, cara ternak lovebird koloni yang selanjutnya yaitu dengan melakukan perjodohan. Perjodohan yang dilakukan dengan menggunakan kandang koloni termasuk cara yang sangat mudah dilakukan. sebab dengan menggunakan kandang koloni yang diisi dengan 5 pasangan jantan dan betina, membuat lovebird tersebut melakukan perjodohan sendiri dan kawin. Biasanya jika lovebird yang melakukan proses perjodohan, maka lovebird akan melakukan seperti saling berdekatan, beradu paruh, dan saling menarik perhatian. Jika hal tersebut, terjadi maka proses perjodohan yang Anda lakukan telah berhasil. Serta, jangan lupa untuk menyiapkan sarang yang akan digunakan oleh betina lovebird ketika akan bertelur. Maka cara ternak lovebird koloni yang Anda lakukan akan berhasil jika melakukan perjodohan dengan benar.

Masa Pengeraman Telur

Cara Ternak Lovebird Koloni dengan benar

cara ternak lovebird koloni yang selanjutnya yaitu masa pengeraman telur. Masa pengeraman telur dilakukan ketika betina telah mengalami proses perkawinan dan menetaskan telur. Dimana biasanya burung lovebird akan menetaskan telur sebanyak 2-4 telur.  Sehingga akan membuat ternak loverbird ini akan sangat menguntungkan Anda. Selain itu, untuk melakukan pengeraman telur harus dijauhkan dari gangguan yang membuat telur akan gagal menetas. Sehingga Anda memang harus bisa memastikan bahwa betina lovebird bisa memiliki lingkungan yang tenang dan juga aman. Dengan keadaan tersebut, tentunya lovebird akan mengerami telur dengan waktu 25 hari. jika lebih dari 25 hari, sudah dipastikan bahwa telur tersebut gagal menetas. Sehingga Anda memang harus bisa menjaga telur lovebird yang akan menetas tersebut, serta yang paling penting usahakan jangan memegang telur. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu betina lovebird dan menyebabkan telur gagal menetas.

Perawatan Lovebird Anakan

Cara Ternak Lovebird Koloni dengan tepat

Setelah masa pengeraman telur berhasil dan menghasilkan anakan, maka perawatan lovebird anakan menjadi cara ternak lovebird koloni prioritas yang dilakukan. Akan tetapi, pada dasarnya Anda tidak boleh ikut campur dalam pemeliharaan anakan lovebird. Sebab biasanya akan menyebabkan anakan lovebird akan mati. Sehingga Anda hanya memberikan kandang yang dengan alas yang lembut dan pakan bubur bayi kering  dan pelet yang akan digunakan oleh induk untuk dilolohkan ke anaknya. Dengan begitu, akan membuat pertumbuhan anakan juga akan berjalan dengan baik. Selain itu, usahakan untuk membiarkan anakan lovebird di pelihara oleh induknya hingga lebih dari 10 hari. Dengan demikian, sudah dipastikan anakan yang akan dihasilkan juga menghasilkan anakan yang berkualitas dan terbaik. Serta, jika induk dari anakan juga akan melakukan perjodohan lagi, sangat disarankan Anda untuk menjauhkan anakan lovebird dari induknya. Akan tetapi, perlu diingat usia anakan yang harus diambil yaitu lebih dari 10 hari.

Pakan Lovebird

Cara Ternak Lovebird Koloni bagi pemula

Cara ternak lovebird koloni yang terakhir yaitu dengan memperhatikan pakan lovebird. Setelah melakukan perawatan anakan lovebird. Hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan pakan yang akan diberikan pada anakan atau juga indukan. Sebab pakan juga menjadi prioritas terpenting jika ingin mendapatkan indukan dan anakan yang berkualitas bagus. Biasanya untuk memberikan pakan untuk lovebird usahakan setiap harinya jangan memberikan makanan yang cenderung sama atau monoton. Biasakan untuk memberikan makanan seperti biji sawi, jagung muda, kangkung, sawi, tauge, milet, dan jewawut. Dengan beberapa makanan tersebut, tentunya akan membuat lovebird Anda juga akan terpenuhi gizi yang dibutuhkan oleh lovebird. Serta jangan lupa, untuk memberikan multivitamin di dalam air minumnya untuk lovebird. Dan usahakan untuk memilih multivitamin yang banyak mengandung beberapa vitamin, mineral, dan kalsium yang bisa membuat lovebird semakin bagus dalam pertumbuhannya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara ternak lovebird koloni yang bisa Anda lakukan dan coba. dengan melakukan cara-cara tersebut, sudah dipastikan bahwa ternak lovebird Anda akan berhasil dan menghasilkan lovebird yang bagus dan cantik. Selain itu, dengan melakukan cara ternak lovebird koloni tersebut juga termasuk cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Terus simak informasi seputar panduan cara ternak lengkap hanya di www.infobudidaya.com

Artikel Rekomendasi