Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bibit Lele Berkualitas

Bibit adalah hal utama yang harus Anda perhatikan saat memulai untuk beternak, termasuk untuk ternak ikan lele. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk memilih bibit lele berkualitas agar bisa memberikan hasil yang berkualitas pula.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bibit Lele Berkualitas

Berikut ini adalah ciri dari ikan lele yang berkualitas!

1. Memiliki Gerakan Lincah

Apakah Anda pernah melihat ikan lele sebagai bibit yang memiliki gerakan lamban yakni hanya pada satu tempat saja? Jika pernah maka hal tersebut bisa menjadi tanda jika bibit ikan lele tersebut merupakan bibit jelek. Dengan cara ini nantinya Anda akan lebih mudah menangkap bibit dari ikan lele jenis ini.

Berbeda ketika memilih bibit lele berkualitas maka gerakan dari bibit lele akan sangat cepat dan gesit. Sebab hal tersebut menjadi tanda jika ikan tersebut sangat bagus. Anda pun perlu memperhatikan bibit dari ikan lele yang lainnya. Caranya juga mudah yakni memasukan bibit lele ke sebuah wadah atau tempat. Kemudian miringkan wadah dengan isi lele tersebut, Anda bisa melihat gerakannya.

Apabila sebagian sebar bibit di dalam wadah bergerak dengan melawan arus, maka jadi tanda jika bibit tersebut bagus. Namun, berbeda apabila bibit ikan terbawa arus, bisa diartikan bibit tersebut adalah bibit kurang baik.

2. Bibit Dalam Keadaan Sehat

Sebelum Anda membeli bibit ikan untuk lele, selalu tanyakan dulu ke pembudidaya tersebut mengenai riwayat dari kesehatan bibit. Jangan sungkan untuk bertanya, apakah bibit ikan tersebut pernah sakit pada saat memilih bibit lele berkualitas. Tujuannya, adalah apabila bibit sudah pernah sakit, Anda akan lebih mudah menanganinya saat sudah dipelihara.

Bibit ikan lele sehat biasanya akan ditandai dengan beberapa ciri-ciri, diantaranya adalah gerakannya yang gesit, ukuran tubuh proporsional, warna dari kulit mengkilap, bebas cacat maupun luka, tidak menggantung dan sungut memiliki cerah. Namun, pada saat bibit ikan lele sudah sakit, maka Anda bisa bertanya mengenai kronologisnya.

Kalau memang Anda diharuskan untuk menggunakan antibiotik maupun obat-obatan lain, upayakan jika dosisnya tidak akan terlalu tinggi. Dosis berlebihan justru akan menjadikan bakteri serta bertambah kebal jadi akan berkembang cepat pada tubuh ikan lele.

3. Riwayat Induknya Bagus

Indukan akan jadi faktor yang mana paling berpengaruh saat Anda memilih bibit lele berkualitas ataupun jenis hewan apa saja. Misalnya saja bibit dari ikan lele berasal pada indukan unggul, maka sudah bisa dipastikan jika anakan lele pun akan mewarisi sifat genetik dari para induknya.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah bibit di mana asalnya bukan melalui perkawinan inbreeding maupun tingkat kekerabatan tinggi. Semakin jauh dari tingkat kekerabatan maka akan semakin baik dan bagus pula kualitas dari bibitnya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis lele indukannya. Pasalnya ikan lele jenis Sangkuriang akan lebih bagus dibandingkan dengan ikan lele lokal. Hal ini biasanya dilihat dari riwayat pemijahannya. Oleh sebab itu nantinya juga hasil panennya akan jauh lebih sempurna dari pada beberapa jenis ikan lele lokal.

Bagaimana, Anda ingin untuk memiliki hasil yang bagus dan berkualitas bukan untuk peternakan lele? Jika iya maka sebaiknya perhatikan beberapa hal di atas saat memilih bibit lele berkualitas. Jika bibitnya saja berkualitas maka bukan tidak mungkin jika anakan yang akan dihasilkan akan berkualitas. Ikan berkualitas bahkan juga cenderung memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan ikan pada umumnya.