Hal yang Harus Diperhatikan untuk Pakan dan Waktu Memberi Pakan Pada Ikan Lele

Memberi pakan hewan peliharaan bukan jadi hal yang mudah ya. Bahkan Anda juga perlu memperhatikan masalah pakan dan waktu memberi pakan yang baik dan benar. Tujuannya agar ikan tidak mudah sakit dan bisa tumbuh sesuai harapan.

Memberi Pakan Pada Ikan Lele

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan ketika akan memberi pakan ikan jenis lele;

1. Jumlah Pemberian Pakan

Hal yang mana menjadi sangat penting di dalam tata cara memberi pakan ikan jenis lele adalah, pengelola bisa memberikan pakan dengan waktu yang sesuai dan telah ditentukan. Baik itu dua kali pemberian makan, atau 3 kali, Anda pun bisa saja memberikan pakan 5 kali dalam sehari. Durasi atau jumlah waktu makan tersebut harus dijadwalkan sesuai pada aktivitas dari ikan lele.

2. Jangan Beri Makan Ikan Lele Terlalu Pagi

Selain memperhatikan jumlah dari pemberian pakan lele, Anda juga perlu memastikan kapan waktu paling tepat. Masalah pakan dan waktu memberi pakan usahakan jangan terlalu pagi, namun bisa di saat setelah jam 9 pagi.
Sebab pengalaman dari para petani ternak untuk ikan lele, pada saat pagi hari air yang ada di dalam kolam masih tercemar. Air tersebut tercemar karena zat yang mana memiliki kandungan racun di bawa bersama oleh udara maupun embun pagi.

Apabila Anda masih saja bersikeras untuk melakukannya, akan sangat dikhawatirkan nantinya akan menjadi penyebab bibit penyakit bagi ikan. Ikan nantinya juga bisa keracunan dikarenakan zat tersebut.

3. Tunggu Waktu Siang Saat Matahari Menyinari Kolam Ikan

Berkaitan dengan pakan dan waktu memberi pakan ikan lele di atas sebaiknya Anda bisa menunggu ketika sinar matahari menyinari air pada kolam. Sinar matahari akan membuang bekas dari penguapan air melalui udara.
Radang insang bahkan juga jadi salah satu penyakit yang mana bisa ditimbulkan karena zat ini. Sebagaimana dibawa parasit yang sebelumnya. Nantinya ikan akan memakan pakan tercampur yang sudah tercampur dengan zat yang merugikan.

4. Palet Ikan

Pakan ikan lele untuk jenis pelet pada dasarnya merupakan pakan yang mudah sangat mudah untuk Anda temui pada banyak toko ternak serta pertanian. Untuk pakan pelet ikan lele sendiri juga dijual dengan banyak tipe. Hal ini akan bergantung dengan kebutuhan Anda.

Salah satu jenis yang mana bagus digunakan yakni pelet buatan dari pabrikan. Hal tersebut disebabkan karena pelet pabrikan memiliki kandungan campuran beberapa macam bahan pembuat seperti terigu, daging, tulang, serta bahan lainnya yang mana baik bagi ikan lele. Hal ini juga jadi hal yang harus diperhatikan untuk masalah pakan dan waktu memberi pakan ikan lele.

Pelet ikan biasanya dapat dibedakan jadi dua jenis yakni pelet jenis tenggelam dan pelet jenis terapung. Perlu Anda ketahui bahwasanya kedua pelet ini akan bagus untuk pertumbuhan lele. Perbedaannya sendiri hanya terletak di keadaan pakan pada air.

Hanya saja akan disarankan menggunakan pelet jenis terapung. Sebab pelet jenis ini memiliki kandungan protein lebih tinggi serta akan bermanfaat untuk pertumbuhan lele Anda di rumah. Menarik bukan?

Di atas adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan pakan dan waktu memberi pakan. Sebab jika Anda salah dalam memberikan makan ikan lele hal tersebut akan berdampak pada hasil ikan ketika tiba musim panen. Usahakan berikan pakan berkualitas dan waktu terbaik.