5 Jenis Burung Paruh Bengkok Dan Gambarnya

Jenis Burung Paruh Bengkok dan Gambarnya – Burung merupakan satu binatang yang sering dijadikan peliharaan yang banyak disukai orang. Para pecinta burung hias akan menambah koleksi hewan peliharaan dengan berbagai jenis burung yang cantik dan indah. Salah satu burung hias yang banyak disukai oleh para pecinta burung adalah burung paruh bengkok. Burung paruh bengkok dengan berbagai jenis dapat dijadikan burung peliharaan, di
samping warnanya yang cerah dan memikat, siapapun yang melihat burung paruh bengkok memiliki keunikan yaitu tingkah lakunya yang lucu bahkan beberapa diantaranya dapat menirukan berbagai macam suara termasuk suara manusia.

Lantas apa saja itu jenis burung paruh bengkok

Burung paruh bengkok adalah burung mempunyai paruh terlihat bengkok, paruh itu sangat keras dan berguna untuk memecah biji-bijian, pada umumnya burung paruh bengkok utamanya adalah pemakan biji-bijian. Burung ini memiliki banyak keunikan sehingga banyak dipelihara, seperti kecerdasannya dalam menirukan suara, tingkah laku burung ini juga menggemaskan, ditambah burung ini memiliki warna yang indah, sehingga banyak sekali penghobi yang memelihara burung paruh bengkok berbagai jenis.

1. Burung Mancaw / Mancau

Burung Mancaw
Burung Mancaw

Burung paruh bengkok yang pertama adalah burung Macaw (Ara macao). Jenis burung Macaw dapat dijadikan burung hias atau burung peliharaan memiliki keunikan yaitu dapat melakukan atraksi dan lain sebagainya. Meskipun harga bungung mancaw relatif mahal di kantong, namun hal itu tidak menurunkan daya tarik untuk para penghobi burung.

Burung ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, tetapi berasal dari hutan Amazon, namun sekarang sudah banyak dibudidayayakan di Indonesia karena kesamaan burung yang hidup di hutan hujan tropis.

2. Burung Parkit

Burung Parkit
Burung Parkit

Burung paruh bengkok yang kedua adalah burung parkit. Jenis burung paruh bengkok parkit masih sangat mudah ditemukan dan dijual di pasar hewan / burung. Postur tubuhnya yang mungil dengan berbagai varian warna
yang dimilikinya menjadi daya tarik yangmembuat para pecinta burung hias mengagumi burung yang satu ini. Burung parkit ini sangat mudah ditemukan di pasaran karena masih banyaknya populasi.

3. Burung Nuri / Burung Bayan

Burung Nuri Bayan
Burung Nuri Bayan

Burung Jenis ini yang ketiga adalah burung nuri. Selain dinamakan burung nuri burung ini juga sering disebut dengan burung bayan daya tariknya terletak pada kecerdasannya dalam menirukan suara, termasuk suara manusia. Struktur lidahnya dapat dikatakan unik karena keunikan lidahnya ini yang membuat burung ini dapat menirukan suara manusia. Bulu burung nuri / burung bayan ini juga sangat indah seperti pelangi berwarna-warni sehingga dapat menarik perhatian para hobies.

4. Burung Kakaktua

Burung Kakaktua
Burung Kakaktua

Burung hias burung paruh bengkok yang selanjutnya adalah burung kakaktua. Burung ini sangat populer di Indonesia, burung kakaktua ada lagunya sendiri. Burung ini memiliki postur tubuh yang besar dan biasanya memiliki jambul dibagian kepalanya paruhnya besar kuat dan dapat dipakai untuk memecah jenis biji-bijian atau mungkin makanan yang ditemukannya.

5. Burung Lovebird

Burung Lovebird
Burung Lovebird

Lovebird untuk jenis burung paruh bengkok. Burung yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, apalagi saat ini banyak sekali yang memelihara burung lovebird. Selain sifatnya yang dapat membuat gemas, kicaunya juga merupakan daya tarik dalam pemeliharaan, bahkan sekarang kontes burung kicau sering kita jumpai untuk kelas burung lovebird. Burung lovebird warnanya cerah dan berwarna-warni membuat hati para pecinta burung hias sangat ingin memelihara burung paruh bengkok yang satu ini.

Banyak jenis paruh bengkok yang ada di Indonesia dan semuanya terbilang unik, nah apakah ada yang membuat hati Anda terpikat untuk memeliharanya.