Mengobati Scabies Pada Kucing, Anjing dan Kelinci

Mengobati Scabies Pada Kucing, Anjing dan Kelinci – Scabies atau gudik ini sering kali menyerang hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kelinci. Penyakit ini biasanya muncul karena kandang kurang bersih, walaupun penyakit ini tidak mematikan jika tidak ditangani secepatnya akan sangat mudah menular ke hewan peliharaan lainnya.

Lebih bagus jika ada yang terkena scabies atau gudik pada kelinci, anjing atau kucing, sebaiknya dipisah dengan yang lainnya atau diisolasi selama masa penyembuhannya. Apa itu scabies dan penyebabnya apa kemudian gejalanya seperti apa dan juga cara mengobatinya, simak uraian berikut.

Apa itu Scabies

Scabies Pada Kucing
Scabies Pada Kucing

Scabies atau gudik situ sebenarnya penyakit kulit penyakit kulit yang bisa menyerang anjing kucing sama kelinci
dan disebabkan oleh tungau, tungau itu adalah hewan mikroskopis, tungau ini membuat semacam terowongan
di bawah kulit hewan kalian untuk mereka bertelur, nah itulah yang menyebabkan kulit, telinya, dan muka dari kelinci, anjing dan kucing ini biasanya ada kerak-kerak.

Kalau tidak segera diobati akhirnya lama-lama menyebar keseluruh tubuh, karena scabies ini menyebabkan gatal pada kulit, biasa sering di garuk dan karena kaki-kaki anjing,kucing dan kelinci ini ada cakarnya bisa menyebabkan luka pada kulit. Kalau sudah parah bisa menyebabkan kerontokan pada hewan peliharaan.

Gejala Scabies / Gudik

Sebenarnya scabies itu cuma penyakit kulit biasa tidak berbahaya bagi anjing, kucing dan kelinci, cuma kalau misalnya sampai telat ngobatinnya, telat menyadari akibatnya itu bisa parah, dan kalau sudah parah dan teteap tidak diobatin bisa bikin kematian juga. Meskipun ini cuma penyakit kulit jangan sampai menganggap enteng. Berikut gejala yang bisa diamati pada hewan peliharaan:

  • Gejala scabies yang paling utama ada kerak ditelinga, muka, kaki sama di ekor
  • Sering menggaruk-garuk muka dan telinga karena gatal
  • Bulu rontok
  • Biasanya lemas dan nafsu makan berkurang
  • Kalau sudah parah kulitnya akan terlihat keras karena keranya berlipat-lepat
  • Bisa juga sampe luka dan bernanah jika tidak segera diobati

Jika sudah mengetahui gejalanya, bisa segera untuk mengobati panyakit scabies / gudik pada kelinci, anjing dan kucing

Cara Mengobati Scabies / Gudik Pada Kelinci Anjing Dan Kucing

Scabies Pada Kelinci
Scabies Pada Kelinci

Pengobatan penyakit scabies pada hewan peliharaan sebenarnya cukup mudah, obatnya juga dijual bebas di pet shop atau bisa membelinya secara online. Berikut pengobatan scabies / gudik pada kelinci, anjing dan kucing.

  1. Pisahkan hewan yang terkena penyakit ini, dan masukan ke dalam kandang karantina, kemudian bersihkan kandang sebelumnya dengan disemprot disinfektan, karena penyakit ini mudah menular ke hewan liannya.
  2. Jika kuku anjing / kucing sudah panjang baiknya dipotong terlebih dahulu, karena hewan yang terkena scabies sering menggaruk-garuk, ditakutkan jika kuku masih panjang akan mengalami luka.
  3. Bersihkan kulit yang terkena scabies / gudik dengan detol dan air hangat, cukup ditotol saja dengan kain bersih
  4. Dengan obat luar, pakai saleb, obat ini juga banyak dijual di pet shop ataupun online shop
  5. Suntik dengan Wormectin, obat ini juga mudah ditemukan di pet shop dan toko online, caranya suntikan ke tengkuk antara leher bagian belakang, dengan sudut kemiringan 45 derajat, dan jangan sampe terkena daging. dosisnya untuk anjing, kucing, kelinci : 0,02 ml setiap 1 kg berat badan per hari.
  6. Biarkan di dalam kandang isolasi selama seminggu, scabies dan gudik akan rontok.
  7. Sebelum bersih sepenuhkan jangan dikeluarkan dari kandang isolasi, karena masih ada kemungkinan untuk terkena scabies / gudik kembali.

Itulah cara mengobati scabies / gudik pada kelinci, kucing dan anjing. Yang paling penting adalah menjada kebersihkan kandang dan pakan untuk hewan peliharaan kita. Terima kasih semoga bermanfaat.