Tanaman yang Bisa Ditanam di Hidroponik

Tanah yang sempit di areal rumah kamu tidak menjadi halangan untuk bercocok tanam. Saat ini teknik menanan hidroponik cukup gencar dikembangkan. Menanam dengan teknik hidroponik tidak memerlukan tanah sebagai medianya.

Penanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan menggunakan air dengan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Menanam secara hidroponik memiliki waktu panen yang lebih singkat dan masa pertumbuhannya cepat. Maka dari itu, teknik ini kian disukai oleh masyarakat.

Tapi, tidak semua tanaman bisa dikembangan dengan teknik hidroponik. Hanya tanaman tertentu saja yang bisa dikembnagkan dengan teknik hidroponik.

Berikut ini beberapa tanaman yang bisa ditanam di hidroponik.

1. Cabe

Cabe merupakan salah satu bumbu yang pokok dan harus selalu ada di dapur. Harga cabe yang sering kali melambung di waktu tertentu kadang menyulitkan sebagian orang. Kamu bisa mengatasinya dengan menanam cabe sendiri di rumah. Cabe bisa tumbuh dengan teknik hidroponik. perawatan tanaman ini juga cukup mudah dan yang terpenting nutrisi tanaman selalu terpenuhi.

2. Daun Bawang

Daun Bawang

Tanaman ini juga bisa dibudidayakan dengan teknik hidroponik. Daun bawang merupakan jenis tanaman yang membutuhkan banyak air. Daun bawang juga membutuhkan cahaya 12-14 jam seharinya. Kamu harus memastikan lokasi untuk meletakkan tanaman daun bawang memiliki asurapan cahaya yang cukup. Daun bawang bisa di panen pada usia 6-8 minggu. Untuk pertumbuhan selanjutnya bisa di panen 3-4 minggu.

3. Wortel

Wortel

Wortel merupakan tanaman yang bisa ditanam di hidroponik. meskipun begitu, tanaman wortel termasuk yang sulit untuk ditanam. Perlu pengetahuan dan pengalaman ekstra untuk bisa menanam wortel. Menanam wortel memerlukan air yang banyak.

4. Kangkung

angkung

Sayuran yang cukup popular di Indonesia ini bisa kamu tanam dengan teknik hidroponik. Menanam kangkung dengan teknik hidroponik ini cukup mudah. Kangkung memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga disukai oleh masyarakat.

5. Bayam

Bayam

Bayam bisa tumbuh dengan baik menggunakan sistem hidroponik. Bayam memang akan tumbuh dengan baik jika ditanam di air. Menanam bayam tidak memerlukan cahaya yang terlalu intens. Kamu bisa melakukan pemanenan dalam waktu 12 minggu.

6. Tomat

Tomat

Menanam tomat dengan teknik hidroponik memerlukan asupan air dan cahaya yang cukup. Tomat sudah banyak dikembangkan dengan sistem hidroponik bahkan sudah banyak petani yang menjualnya. Tomat mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh.

7. Seledri

Seledri

Tanaman ini bisa ditanam dengan teknik hidroponik menggunakan sistem sumbu atau wick. Tanaman ini sering digunakan untuk memasak dan memiliki bau yang khas. Seledri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

8. Selada

Selada

Tanaman yang bisa ditanam di hidroponik. Selada biasanya digunakan sebagai lalapan, salad, atau juga garnish. Selada biasanya digunakan di rumah makan dan restoran. Kamu bisa menanam selada sendiri dengan sistem hidroponik. apabila hasil panen melimpah kamu bisa menjualnya untuk menambah penghasilan.

9. Strawberry

Strawberry

Buah yang satu ini biasanya hanya ditemukan di daerah dataran tinggi. Namun, kamu bisa mengembangkan tanaman strawberry dengan teknik hidroponik. kamu perlu mempelajari teknik-teknik dalam penanaman secara hidroponik.

10. Timun

Timun

Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan sebagai lalapan dan makanan pelengkap. Kamu bisa membudidayakan tanaman timun sendiri di rumah dengan teknik hidroponik. tidak hanya timun biasa, kamu juga bisa membudidayakan timun jepang.

Itulah beberapa tanaman yang bisa ditanam di hidroponik dengan hasil panen yang melimpah.