Untung Besar, Namun Ini Dia 4 Masalah Atau Hambatan Sistem Aquaponik

Aquaponik adalah salah satu dari teknologi budidaya yakni merawat tanaman sekaligus budidaya ikan di satu siklus yang sama. Aquaponik bisa dijadikan sebagai salah satu solusi bagi bidang pertanian terkini yang mana cenderung semakin sulit serta terkendala dalam masalah lahan. Meskipun sistem satu ini merupakan sistem tergolong modern namun tetap saja akan terdapat kekurangan dan kelebihannya.

Untung Besar, Namun Ini Dia 4 Masalah/Hambatan Sistem Aquaponik

Salah satu kelebihannya adalah keuntungan yang akan diperoleh bisa banyak karena bisa menjual dua hasil sekaligus dari sayur dan ikan. Namun dibalik kelebihan juga ada masalah/hambatan sistem aquaponik, berikut adalah beberapa masalah atau kekurangannya;

1. Biaya untuk Pembuatan Sistem Relatif Mahal

Jika Anda memutuskan untuk mulai menggunakan pertanian model aquaponik maka harus bersiap juga dengan jumlah biaya yang dibutuhkan. Sebab peralatan yang dibutuhkan dalam metode ini tidak mudah jika dibuat sendiri. Oleh sebab itu, Anda pun membutuhkan bantuan orang yang sudah ahli dalam bidangnya.
Masalah/hambatan sistem aquaponik salah satunya adalah saat membuat kolam yang mana nantinya akan memerlukan cukup banyak biaya. Belum lagi jika kolam yang hendak dibuat memiliki ukuran cukup besar dan memakai bahan material berkualitas serta bermutu tinggi.

Selain kolam Anda juga akan membutuhkan peralatan lain yang digunakan sebagai media tanam. Alat tersebut akan sulit jika dibuat sendiri, bahkan jika memutuskan membeli dari pabrik harganya sudah mahal. Dari beberapa hal tadi maka pertanian aquaponik bisa dikatakan jadi teknik budidaya dengan biaya atau anggaran tinggi. Namun akan sepadan pula dengan keuntungannya ya.

2. Akan Bergantung dengan Ketersediaan Listrik

Selain mahal dalam mengoperasikan sistem aquaponik tidak semudah dan berjalan begitu saja ya tanpa bantuan penggerak. Sedangkan untuk menggerakkan air yang ada di dalam kolam sistem aquaponik harus menggunakan pompa. Dengan pompa air akan mengalir ke media tanam.

Masalah/hambatan sistem aquaponik yang kedua adalah pompa tersebut akan memerlukan listrik sebagai sumber energi. Oleh sebab itu, apabila ada hambatan pada sumber listrik maka jalannya kolam aquaponik pun akan terganggu. Jika Anda bisa mempersiapkan alat untuk mengatasi hal semacam ini mungkin tidak akan jadi masalah serius.

3. Memerlukan Skills

Dalam mengoperasikan sistem ini Anda akan dituntut untuk tidak boleh asal. Pasalnya jika Anda acuh dan sedikit sembarangan maka kehidupan dari ikan dan tanaman nantinya bisa terganggu. Dalam mengoperasikan sistem aquaponik butuh keahlian secara khusus.

Oleh sebab itu, tidak heran jika hal ini akan jadi masalah/hambatan sistem aquaponik. Lain lagi jika Anda memiliki skill dalam hal ini maka semuanya akan terasa semakin mudah untuk dilakukan.

4. Memerlukan Perawatan Extra

Mungkin banyak orang yang berpikir ulang mengapa tidak menggunakan model ini karena memiliki perawatan dan pemeliharaan lebih meskipun memberikan hasil luar biasa. Budidaya menggunakan sistem aquaponik bisa dikatakan dalam kategori budidaya yang tergolong intensif.

Oleh sebab itu, nantinya akan diperlukan perawatan lebih atau ekstra supaya pertumbuhan dari ikan maupun tanaman bisa sama-sama baik. Jika keduanya berjalan baik maka bukan tidak mungkin jika hasil yang akan diperoleh pun akan memuaskan.

Di atas adalah beberapa masalah/hambatan sistem aquaponik. Meskipun memiliki cukup banyak hambatan sistem ini tentunya juga memberikan beberapa keuntungan lainnya yang tentunya membuat banyak orang melirik cara satu ini. Meskipun biayanya memang mahal namun hasilnya akan sesuai. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.